Inilah Bahaya Jika Sering Mengucek Mata

Diposting oleh Atlast on 02 Oktober 2012

Terkadang seseorang mengucek mata secara refleks seperti saat ada debu atau ketika bangun tidur. Tapi benarkah mengucek-ngucek mata bisa menyebabkan kerusakan pada organ penglihatan ini?



"Bagi kebanyakan orang, mengucek mata dengan lembut dan sesekali tidaklah berbahaya. Tapi jika mengucek terlalu keras, terlalu sering atau lama maka bisa timbul masalah," ujar Profesor Charles McMonnies dari School of Optometry and Vision Sciencedi University of NSW, seperti dikutip dari ABC.news.au, Selasa (2/10/2012).

Mengucek atau menggosok mata bisa merangsang air mata mengalir dan melumasi mata kering, menghilangkan debu dan zat yang bisa mengiritasi lainnya, serta mengurangi stres. Kondisi ini disebut dengan oculocardiac reflex yang bisa membantu seseorang merasa rileks.

Namun jika mengucek terlalu keras seperti berusaha ingin mendorong mata ke bagian belakang kepala maka berbahaya karena dapat meningkatkan tekanan di bola mata. Jika sangat keras dan berulang maka tekanan di mata ini bisa meningkat 20 kali lipat.

Bagi sebagian besar orang tekanan mata ini akan kembali normal ketika berhenti mengucek. Tapi bagi orang dengan kondisi mata tertentu, peningkatan tekanan bola mata ini dapat menyebabkan masalah serius.

Misalnya orang dengan gangguan mata miopi yang progresif bisa memperburuk penglihatannya, ada juga yang retina matanya lepas dari bagian belakang, serta pada orang dengan glaukoma dapat mengganggu aliran darah ke bagian belakang mata dan menyebabkan kerusakan saraf.

"Mengucek terlalu keras di pagi hari dapat berisiko bagi kornea karena saat itu mata membengkak akibat kelebihan cairan sehingga rentan kerusakan, dan risiko tinggi juga dialami jika menggunakan lensa kontak," ujar Prof McMonnies.

McMonnies menuturkan kalaupun mengabaikan komplikasi yang jarang, mengucek mata dapat memperburuk mata yang sudah perih, merah dan gatal sehingga membuat orang ingin terus mengucek.

"Tidak ada alasan untuk merekomendasikan menggosok atau mengucek mata, hal ini harus dihindari setiap saat," ungkapnya.

Lebih lanjut McMonnies menyarankan untuk menghindari mengucek mata ada beberapa hal yang bisa dilakukan yaitu:

1. Menerapkan atau menempelkan tisu basah yang bersih ke mata untuk membantu mengurangi gatal dan dorongan mengucek mata, terutama di pagi hari.
2. Mengobati penyebab mata kering, iritasi atau gatal serta menghindari alergen yang diketahui dapat menyebabkan iritasi.
3. Mencoba untuk mengelola stres, terutama jika penyebab seringnya mengucek mata akibat stres.


sumber

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar