Mobil Tanpa Pengemudi Google '12 Kali Keliling Bumi'

Diposting oleh Atlast on 09 Agustus 2012



Jakarta - Tak hanya sibuk mengembangkan mesin pencari, Google juga giat mengembangkan proyek mobil futuristik yang bisa mengemudi sendiri secara otomatis. Uji coba mobil pintar ini berlangsung mulus dan sudah menempuk jarak jauh tanpa satu pun kecelakaan terjadi.

Google baru saja mengumumkan bahwa mobil otomatis kebanggaannya itu telah melalui jarak total 482.803 kilometer dalam pengujiannya di berbagai kondisi jalan. Jarak tersebut kurang lebih sama dengan 12 kali perjalanan keliling bumi.

"Kami senang dengan kemajuan ini, namun masih ada perjalanan panjang di depan. Untuk memberi pengalaman terbaik, kami harus bisa membuat mobil ini berjalan lancar di tempat bersalju dan kondisi-kondisi lain yang dihadapi pengemudi," tutur Chris Urmson, teknisi Google.

Saat ini, mengemudi di mobil otomatis Google masih perlu dua orang kalau-kalau terjadi gangguan di jalan. Namun direncanakan, mobil ini sudah bisa diisi satu orang saja dan sistem kemudinya semakin sempurna.

Mobil yang digunakan Google adalah Toyota Prius. Mobil ini dibekali berbagai macam sensor termasuk kamera, radar sampai laser untuk mendeteksi kondisi jalan dan kemudinya dapat bergerak otomatis tanpa perlu dipegang.

Beberapa waktu lalu, Google juga telah mengujicoba mobil ini dengan pengemudi tuna netra. Hasilnya, si mobil benar-benar membantu sang tuna netra dalam menjalankan aktivitasnya ke berbagai tempat.

Kemungkinan, mobil canggih ini sudah bisa dikomersialkan sekitar 3 sampai 5 tahun ke depan. Demikian seperti dilansir Daily Mail 




sumber

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar