Makanan Para Juara Olimpiade

Diposting oleh Atlast on 07 Agustus 2012

Atlet dunia yang saat ini masih bertanding di Olimpiade London 2012. Agar tetap tampil baik, mereka memiliki asupan maupun trik khusus untuk menambah staminanya.

 


Seperti dilakukan oleh Kerri Walsh Jennings, atlet bola voli pantai misalnya, trik yang dia lakukan adalah makan setiap tiga jam. "Saya bisa lebih fokus, merasa lebih kuat dan memiliki daya tahan lebih lama," jelasnya.

Makanan yang disantap oleh pemilik dua medali Olimpiade ini, di antaranya roti isi yang ditambah dengan madu. Tampaknya makanan yang berasal dari lebah itu menjadi asupan favorit banyak atlet kelas dunia.

Selain madu, makanan yang banyak dikonsumsi oleh para atlet adalah yoghurt. Banyak yoghurt yang dikonsumsi atlet adalah greek yoghurt yang lebih kental dari yoghurt biasa. Namun, kandungan proteinnya dua kali lipat dari yoghurt biasa.

Sedangkan Nick McCrory, atlet selam Amerika yang mengantongi medali perunggu di Olimpiade London 2012, mengatakan bahwa nutrisi yang jadi andalannya adalah yoghurt dan telur orek.  “Bagi saya yang penting 2.500 kalori setiap hari,” ujarnya.

Kebutuhan dasar kalori yang disampaikan McCrory ini sejalan dengan saran ahli gizi Christine Natalia. Komposisi ideal untuk atlet laki maupun perempuan adalah sama. Yakni, 2.500 kalori per hari, 1,5 gram protein untuk setiap 1 kilogram berat badan (g/kg BB), 1,0 g/kg BB lemak, 2 g/kg BB karbohidrat.

“Protein ini sangat penting untuk membentuk jaringan-jaringan otot dan memperbaiki sel-sel yang rusak,” ujar ahli gizi yang praktek di Klinik Esa Unggul ini kepada Vista.

Selain itu, makanan yang disantap oleh McCrory, yaitu telur, juga cocok untuk musim panas seperti Olimpiade. Selain makanan itu, kata Christine, bisa juga protein nabati atau sayur.

Namun dia mengingatkan, seorang atlet sangat tidak dianjurkan minum air dingin (es) saat musim panas. Sebab hal itu membuat pori-pori jadi lebar atau terbuka. “Ini akan menyebabkan atlet cepat lelah,” tandasnya.


sumber

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar