Inilah Daftar Password Terburuk 2012

Diposting oleh Atlast on 27 Oktober 2012

Dunia Internet tak lepas dari username dan password sebagai sistem keamanan pribadi untuk membuka email, membuka jejaring sosial, bermain game onlinemengakses internet banking dan berbagai kegiatan lainnya. Biasanya jika Anda mendaftar dan membuat akun baru akan diberikan contoh password yang bisa digunakan untuk mengakses halaman yang mau dibuka. Password yang disarankan biasanya password standar yang harus diganti begitu Anda sukses melakukan login. Namun banyak pengguna yang kurang peduli dengan penggantian password tersebut sehingga tetap mempertahankan password yang disarankan, atau malah mereka memilih password baru yang simple karena alasan mudah diingat.
SplashData, pembesut aplikasi produktifitas untuk smartphone dengan berbagai platform yang meliputi aplikasi konsumen dan bisnis yang mengelola password, foto digital, rekening keuangan, daftar, catatan, dan sebagainya, kembali merilis daftar 25 password terburuk yang paling umum digunakan dan juga diposting oleh para hacker. Tahun lalu, SplashData juga telah merilis daftar 25 password terburuk yang digunakan banyak penggunanya. Menurut daftar tersebut, kata ‘password’ sendiri malah banyak dipilih sebagai password mereka. Bahkan sejak tahun 2011, ada 3 password lain yang tidak berubah dan tetap dipilih, yakni 123456 dan 12345678. Untuk tahun ini sendiri ada penambahan password yang banyak dipilih, yakni welcome, jesus, ninja, mustang dan password1.
Menurut Morgan Slain, CEO SplashData, tahun ini nampaknya banyak pengguna yang terobsesi dengan pahlawan berkostum, film dan dekorasi. Namun hal tersebut termasuk sangat mudah ditebak sehingga dengan adanya riset dan publikasi seperti ini bisa membuat orang yang memiliki akun di Internet mau sedikit berfikir untuk mengubah dan membuat password yang tidak umum dan tidak mudah ditebak. Sebaiknya, pengguna menggunakan password yang kuat dan berbeda untuk tiap website yang didaftarnya. Apalagi dari kasus hack yang belum lama ini menimpa akun-akun di Yahoo, LinkedIn, eHarmony dan Last.fm, pengguna Internet harusnya mulai memikirkan cara mengamankan akun mereka, salah satunya dengan memilih password yang kuat.
Berikut daftar password yang paling buruk namun paling banyak dipilih oleh para pengguna Internet menurut riset yang dilakukan SplashData, dengan peringkat yang dibandingkan dengan hsil riset tahun lalu. Jika ada di antara Anda yang memiliki password seperti disebut di bawah ini, kami sarankan untuk segera menggantinya dengan kata lain yang lebih unik, tidak umum dan susah ditebak.
1. password (tidak berubah)
2. 123456 (tidak berubah)
3. 12345678 (tidak berubah)
4. abc123 (naik 1 peringkat)
5. qwerty (turun 1 peringkat)
6. monkey (tidak berubah)
7. letmein (naik 1 peringkat)
8. dragon (naik 2 peringkat)
9. 111111 (naik 3 peringkat)
10. baseball (naik 1 peringkat)
11. iloveyou (naik 2 peringkat)
12. trustno1 (turun 3 peringkat)
13. 1234567 (turun 6 peringkat)
14. sunshine (naik 1 peringkat)
15. master (turun 1 peringkat)
16. 123123 (naik 4 peringkat)
17. welcome (baru)
18. shadow (naik 1 peringkat)
19. ashley (turun 3 peringkat)
20. football (naik 5 peringkat)
21. jesus (baru)
22. michael (naik 2 peringkat)
23. ninja (baru)
24. mustang (baru)
25. password1 (baru)

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar