Istilah-istilah bahasa dalam manga

Diposkan oleh Dzaky Farras N on 18 September 2012


 
Berikut istilah dalam manga : 

Apa itu Manga ? 
Manga [baca: man-ga atau ma-ng-ga] merupakan kata komik dalam bahasa Jepang. Di luar Jepang kata tersebut digunakan khusus untuk membicarakan tentang komik Jepang. 

Apa itu Mangaka ? 
Mangaka [baca: man-ga-ka atau ma-ng-ga-ka] adalah orang yang menggabar manga atau disebut juga komikus di indonesia. 

Apa itu Anime ? 
Anime [baca: a-ni-me, bukan a-nim] adalah animasi khas Jepang, yang biasanya dicirikan melalui gambar-gambar berwarna-warni yang menampilkan tokoh-tokoh dalam berbagai macam lokasi dan cerita, yang ditujukan pada beragam jenis penonton. Anime dipengaruhi gaya gambar manga. 

Apa itu Tokusatsu ? 
Tokusatsu adalah istilah dalam bahasa Jepang untuk special effects dan seringkali digunakan untuk menyebut film sci-fi/fantasi/horror/life action produksi Jepang. 

Apa itu Tankoubon ?
Tankoubon adalah istilah bahasa Jepang untuk menyebut terbitan dalam bentuk monograf [buku yang tamat atau lengkap daman satu jilid], dan bukan terbitan berseri atau majalah, bukan seri, serta bukan zenshu [kumpulan seluruh karya dari seorang pengarang atau pembahasan menyeluruh tentang sebuah topik dalam sejumlah jilid atau volume]. 

Apa itu Shonen ? 
Shonen [baca: shounen] adalah sebutan untuk anime atau manga khusus bagi laki-laki. 

Apa itu Shoujo ?
Shoujo adalah genre dari manga atau anime yang bertema atau ditujukan pada pembaca perempuan remaja. Genre ini mencakup tema yang luas seperti shounen, hanya saja lebih mengarah ke perasaan dan drama antar karakternya bila dibandingakn dengan shonen yang keras dan penuh aksi. 

Apa itu Shonen-ai ? 
Shonen-ai adalah genre dari manga atau anime yang bertemakan percintaan antara laki-laki [terutama bishounen]. Genre-nya romantis tapi tanpa ada unsur seksual, gak seperti Yaoi. 

Apa itu Yaoi ? 
Yaoi adalah genre manga, doujinshi, anime, fan art yang berfokus pada hubungan homoseksual antara karakter laki-laki pada umumnya eksplisit secara seksual. 

Apa itu Shoujo ai ? 
Shoujo ai adalah genre dari manga atau anime yang bertemakan percintaan antara perempuan. Genre-nya romantis tapi tanpa ada unsur seksual, gak seperti Yuri. 

Apa itu Yuri ? 
Yuri adalah genre manga, doujinshi, anime, fan art yang berfokus pada hubungan percintaan antar sesama wanita pada umumnya eksplisit secara seksual. 

Apa itu Hentai ? 
Hentai adalah sebuah kata dalam bahasa Jepang yang memiliki pengertian "penampilan yang aneh" atau "abnormalitas". Bagaimanapun, dalam percakapan sehari-hari, Hentai sering diartikan sebagai "m3sum" atau "for-no" dan sering digunakan di banyak negara selain Jepang untuk menyebut game, anime, atau manga yang menampilkan adegan seksual atau pornografi. 

Apa itu Ecchi ? 
Ecchi adalah suatu genre anime/manga yang demographicnya vulgar, dalam arti kata banyak adegan terbuka, tapi belum sampai adegan 'berbahaya'/adegan hertai namun memang menjurus ke arah itu.

Apa itu Cosplay ? 
Cosplay adalah istilah bahasa Inggris buatan Jepang yang berasal dari gabungan kata "costume" (kostum) dan "play" (bermain). Cosplay berarti hobi mengenakan pakaian beserta aksesori dan rias wajah seperti yang dikenakan tokoh-tokoh dalam anime, manga, permainan video, atau penyanyi dan musisi idola. Pelaku cosplay disebut cosplayer. 

Apa itu Seiyuu ? 
Seiyuu adalah istilah yang digunakan untuk dubber dalam bahasa Jepang. Desc

sumber

{ 0 komentar... read them below or add one }

Poskan Komentar