Ford Focus adalah Mobil Terlaris di Dunia?

Diposting oleh Atlast on 02 September 2012

img

Produsen mobil Ford baru saja merayakan kelahiran mobil ke 350 juta setelah 109 tahun eksis di industri otomotif dunia. Selain merayakan momen spesial tersebut, Ford juga mengumumkan kalau Ford Focus kini telah menjadi mobil dengan predikat terlaris di dunia.

Ford Motor Co mengumumkan kalau selama tujuh bulan pertama 2012 sudah ada 522.000 Ford Focus baik yang bermodel sedan atau hatchback yang telah terjual di seluruh dunia.

Dengan pencapaian tersebut, Ford pun mengklaim kalau Ford Focus kini telah menjadi mobil terlaris di dunia mengalahkan Toyota Corolla dan Volkswagen Golf.

Mengalahkan Toyota Corolla yang telah menjadi mobil terlaris di dunia sekian lama memang menjadi prestasi tersendiri bagi Ford.

Tapi menurut Toyota, Ford Focus bukanlah mobil terlaris di dunia dan belum mengalahkan Corolla karena sebenarnya mereka telah berhasil melepas 722.000 Corolla di seluruh dunia dalam tujuh bulan pertama 2012.

Ford pun tidak mau kalah. Mereka kemudian merevisi angkanya dan mengambil data dari badan peneliti independen IHS Automotive yang menurut Wall Street Journal mencatat 489.616 unit untuk Focus dan 4462.187 unit untuk Corolla. Angka tersebut adalah angka penjualan dalam enam bulan pertama --bukan tujuh bulan pertama--.

Namun menurut Wall Street Journal, angka penjualan Toyota Corolla sebenarnya adalah 603.840 unit. Angka itu menurut Toyota adalah angka penjualan Toyota di 6 bulan pertama 2012. Angka tersebut juga di dapat karena Corolla di beberapa negara tidak menggunakan nama Corolla tapi nama lain.

Nama-nama seperti Matrix, Corolla Fielder dan Corolla Rumion tidak dihitung IHS Automotive karena dianggap tidak menggunakan nama Corolla tapi dihitung Toyota.

Lebih lanjut Toyota mengatakan kalau angka IHS Automotive hanya mencakup 90% dari penjualan dunia dunia dan "10% kehilangan kita mungkin di negara-negara di mana Toyota kuat," kata Christopher Hopson, yang menangani data untuk IHS di Lexington.


sumber

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar