Inilah Arti Warna Bendera dalam Balapan

Diposting oleh Atlast on 07 April 2012

Olahraga otomotif khususnya balap mobil Formula 1 dan balap motor Moto GP boleh jadi semua orang mengenal dan menyukainya. Namun mungkin para pencinta olahraga otomotif sempat menyaksikan warna-warna bendera yang muncul di tengah, di awal, atau di akhir lomba. Apakah semua warna bendera tersebut sudah dikenal artinya? Kemungkinan tidak. Untuk itu, arti warna bendera di dunia balap akan dibahas. 



Bendera di dunia balapan adalah sebuah pesan penting untuk para pembalap yang berlaga di sirkuit. Biasanya bendera dikibarkan oleh petugas tata laksana sirkuit (marshal) di sekliling bagian luar lintasan. Berkibarnya bendera ini berlaku di ajang balap internasional. Namun khusus untuk balapan F1,karena pembalap memacu mobil balapnya dengan kecepatan yang sangat tinggi, bisa jadi sulit bagi pembalap tersebut melihat bendera yang sedang dikibarkan.

Untuk itu, di mobil F1 disediakan sebuah display khusus dalam setiap kokpitnya yaitu GPS Marshalling System. Display ini akan menyala sesuai dengan warna bendera balap yang dikibarkan dalam sirkuit. Berikut arti pesan di balik warna-warna bendera yang berkibar di dunia balapan.

Bendera Papan Catur

Bendera ini menyatakan bahwa perlombaan telah usai. Dalam latihan dan sesi kualifikasi, bendera ini dikibarkan jika waktu untuk latihan dan sesi kualifikasi telah habis. Sedangkan ketika lomba, bendera kali pertama dikibarkan kepada pemenang lomba, kemudian kepada setiap pembalap yang berada di belakangnya.

Bendera Kuning

Di Tanah Air, bendera kuning berarti ada seseorang yang berduka atau ada yang meninggal dunia, namun dalam dunia balapan, kemunculan bendera kuning menandakan bahaya seperti misalnya ada mobil atau motor yang rusak dan berada di tengah lintasan balap. Jika satu bendera kuning dikibarkan, berarti setiap pembalap harus memperlambat lajunya. Sedangkan ketika dua bendera kuning dikibarkan sekaligus berarti para pembalap harus memperlambat lajunya dan bersiap berhenti jika diperlukan. Selain itu, pembalap dilarang menyalip pembalap lain ketika bendera ini dikibarkan, jika melanggar maka akan diganjar hukuman.

Bendera Hijau

Jika dalam suatu perlombaan balap bendera hijau dikibarkan, maka menandakan bahaya telah teratasi. Biasanya, bendera hijau berkibar setelah bendera kuning yang menandakan bahaya telah dicabut. Sehingga pembalap bisa melanjutkan perlombaan.

Bendera Merah

Jika bendera ini dikibarkan, maka perlombaan akan dihentikan. Bendera ini biasanya dikeluarkan jika terjadi kecelakaan fatal atau kondisi lintasan atau cuaca yang buruk. Namun dalam balap Moto GP, jika hujan turun di tengah perlombaan, bendera merah tidak dikibarkan, para pembalap justru langsung menuju pit untuk mengganti ban sesuai kebijakan tim.

Bendera Biru

Bendera ini dikibarkan untuk memberi tahu pembalap bahwa dia akan di-over lap oleh pembalap terdepan (posisi 1). Pembalap yang mendapat petunjuk ini juga harus membiarkan pembalap lain yang akan meng-over lap untuk menyalipnya. Jika pembalap tersebut tidak mengindahkan petunjuk ini sampai maksimal tiga kali, maka pembalap tersebut akan mendapat hukuman. Petunjuk ini juga ditempatkan pada ujung tempat keluar dari pit ketika ada pembalap lain yang berada dalam lintasan datang mendekat.

Bendera Garis Kuning dan Merah Vertikal

Bendera ini dikibarkan untuk memberi tahu pembalap bahwa lintasan licin yang biasanya disebabkan oleh oli atau minyak yang tercecer atau ketika hujan turun.

Bendera Hitam dengan Lingkaran Berwarna Jingga di Tengah

Bendera ini Biasanya dikibarkan bersamaan dengan nomor salah seorang pembalap. Gunanya, untuk memberi peringatan kepada pembalap bahwa ia mengalami masalah mekanis dan harus segera kembali ke pit.

Bendera Hitam Putih dengan Garis Diagonal

Bendera ini juga dikibarkan bersamaan dengan nomor salah seorang pembalap yang dituju. Gunanya untuk memperingati pembalap yang dituju bahwa ia melakukan tindakan tidak sportif atau curang. Jika pembalap tidak mempedulikan peringatan ini maka pembalap tersebut akan menerima bendera hitam.

Bendera Hitam

Bendera hitam dikibarkan bersamaan dengan nomor salah seorang pembalap yang dituju. Hal ini menandakan bahwa pembalap tersebut harus kembali ke dalam pit (ride through penalty). Bendera ini juga sering berarti bahwa pembalap tersebut didiskualifikasi dan dikeluarkan dari lomba.

Bendera Putih

Bendera ini dikibarkan untuk memberi peringatan bahwa safety car berada dalam lintasan. Dalam balap Moto GP, bendera ini jarang sekali dikibarkan. Sebab kemunculan bendera putih dalam Moto GP berarti beda dengan balapan lain yakni pembalap diizinkan memilih untuk masuk ke pit atau tidak untuk mengganti ban karena perubahan kondisi cuaca dan lintasan.

sumber :
www.otomotif.liputan6.com

{ 2 komentar... read them below or add one }

Anonim mengatakan...

Spherical, this particular heater are often bargain
order, depending upon what your needs are. Setting up holding chamber is absolutely love the exact Hangi
Vly. On top of that has got a distinct popcorn leading, due to the fact largely relations find it irresistible this kind of easy-to-cook eating.
I was content to say really has been damaged throughout exchange.


my web blog; best sandwich toasters with removable
plates ()

Anonim mengatakan...

The very best an approach to collect Metro Promo codes basic
executed this Train soccer club. Now i toast these things to receive
Quarter of an hour all through toaster as well
as dust these with pacific ocean sodium chloride.
Per Mornay spices might be a Bechamel gravy considering shredded
otherwise grated parmesan cheesse excess. A humid erase after that an actual strong
sporting a impression sponge would probably pristine a
great number of supplies.

My blog post - countertop microwave convection oven

Posting Komentar