8 Tips Menyiasati Rasa Jenuh Bekerja

Diposting oleh Atlast on 17 Maret 2012

MULAI malas-malasan dalam bekerja, prestasi kerja menurun, enggan masuk kantor, serta tidak bersemangat saat di kantor bisa menjadi indikasi kamu mengalami kejenuhan dalam bekerja. Sebelum mendapat teguran dari atasan, segeralah cari solusi untuk menumbuhkan semangat bekerja dalam dirimu. Berikut beberapa tips yang dapat menjadi jalan keluar untuk menyiasati rasa jenuh di kantor seperti disitat dari Buku 13 Jurus Jitu Sukses di Dunia Kerja.

 
Quote:
1. Cari tahu penyebab rasa jenuh tersebut

Penyebab rasa jenuh bisa datang dari dalam diri maupun dari lingkungan di sekitar. Jika rasa jenuh itu berasal dari dirimu, mulailah membangun sugesti positif terhadap bidang pekerjaan dan tugas-tugas yang diberikan kepadamu. Bersyukur atas pekerjaan yang kamu terima sebab banyak orang yang menginginkan pekerjaan namun tidak mendapatkannya.
Namun, jika kejenuhan ini berasal dari faktor lingkungan, misalnya rekan kerja atau atasan yang tidak bersahabat dapat kamu jadikan tantangan untuk memberikan hasil kerja yang baik sehingga nantinya mereka justru merasa segan.
Quote:
2. Pikirkan hal menyenangkan dari pekerjaan yang kamu tekuni

Ingat dan pikirkan kembali hal-hal menyenangkan yang kamu peroleh selama menekuni pekerjaan tersebut. Jadikanlah hal itu sebagai motivasi untuk kembali bersemangat dalam bekerja.
Quote:
3. Carilah teman di kantor

Dengan memiliki teman, kamu memiliki tempat untuk berbagi keluh-kesah atau sekadar melakukan hobi bersama, seperti wisata kuliner atau menonton film. Kehadiran teman membuatmu tidak merasa sendirian dan melupakan sejenak rasa jenuh terhadap pekerjaan.
Quote:
4. Tiru teman yang sangat mencintai pekerjaannya

Selama hal tersebut positif, contohlah perilaku rekan kerjamu. Perhatikan atau berbagi mengenai caranya mengatasi beban pekerjaan yang begitu berat. Jadikan cara jitunya sebagai inspirasi bagimu untuk menambah motivasi bekerja.
Quote:
5. Manfaatkan jatah cuti

Refreshing adalah langkah cepat dan tepat dalam menghilangkan rasa jenuh. Manfaatkan jatah cuti yang diberikan kantor dan lakukan liburan singkat yang dapat membuatmu rileks serta kembali segar.
Quote:
6. Rencanakan masa depan

Saat mengalami fase jenuh, inilah waktu yang tepat bagimu untuk melihat dan menata kembali rencana masa depanmu. Apakah kamu akan tetap bertahan pada pekerjaan tersebut atau akan pindah ke bidang lainnya. Rencana masa depan yang jelas, dapat menjadi motivasi untuk meningkatkan semangat kerja.
Quote:
7. Ubah suasana kerja

Perubahan suasana ini bisa berupa pengaturan ulang meja dan peralatan kantor di sekitarmu serta mengakrabkan diri dengan rekan kerja. Pajanglah berbagai benda atau foto di atas ata sekeliling meja yang selalu membuatmu bahagia dan termotivasi untuk bekerja.

Quote:
8. Nikmati pekerjaanmu

Dengan menikmati bidang pekerjaan yang kamu tekuni, pekerjaan seberat apapun akan terasa ringan. Namun, jika bekerja secara terpaksa, maka pekerjaan yang ringan akan menjadi berat dan pekerjaan yang berat akan semakin berat.
Semoga bermanfaat dan mampu untuk memotivasi diri kita sendiri

sumber : http://haxims.blogspot.com/2012/03/8-tips-menyiasati-rasa-jenuh-bekerja.html

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar